Selasa, 12 November 2013

Magang (Musician Pro : Music School)

Assalamualaikum...




Mendirikan usaha diperlukan adanya kesiapan mental yang matang sesuai minat dan bakat. Oleh karena itu saya melaksanakan magang disalah satu UKM bidang kursus musik dan vokal yaitu di Musician Pro (Music School) yang beralamatkan di Jalan Turangga 492 Pedurungan Tengah Semarang. Selama magang saya melakukan pengamatan sebagai berikut :

a.      Manajemen Produksi

Musician Pro merupakan lembaga pendidikan berbasis seni musik. Beberapa jenis kelas yang tersedia diantaranya :
·         Kelas Gitar Akustik
·         Kelas Gitar Bass
·         Kelas Drum
·         Kelas Piano
·         Kelas Keyboard
·         Kelas Vokal
Masing-masing kelas sudah saya ikuti tetapi saya lebih mengkhususkan dikelas vokal dan keyboard. Kendala utama yaitu terbatasnya ruang kelas sehingga beberapa murid harus menunggu lama. Namun Musician Pro mempunyai taman yang luas dan nyaman sehingga murid bisa belajar ditaman.

b.      Manajemen SDM

Musician Pro didirikan pada tahun 2000 oleh M. Rahmat Sarjana. Diawal didirikannya hanya ada kelas gitas akustik dan gitar bas saja dan diampu oleh bapak M. Rahmat Sarjana. Setelah itu berkembang dan beliau merekrut musisi ahli yang sekarang berjumlah enam orang untuk mengampu dimasing-masing kelas. Kemudian beliau membuka beberapa kelas baru hingga sekarang. Sistem pembelajaran yaitu setiap murid dibimbing satu pelatih selama 45 menit. Murid bisa menentukan hari kapan ia akan belajar.

c.       Manajemen Pemasaran

Untuk mengenalkan kelas kursus, Musician Pro sering mengadakan konser dan lomba di sekolah-sekolah dan masyarakat. Biaya untuk mengadakan konser dianggarkan dari profit. Musician Pro juga mempromosikan melalui website (http://musicianpro.co.cc/) , blog (http://musicianpro.blogspot.com/) , youtube (http://www.youtube.com/user/musicianpro2000/videos/) dan facebook (http://www.facebook.com/pages/Musician-Pro-Music-School-Semarang/34380809010515) .

d.      Manajemen Keuangan

Musician Pro tidak memiliki program aplikasi keuangan karena menggunakan sistem keuangan manual berdasarkan kwitansi pembayaran disetiap kelas. Setiap siswa melakukan pembayaran kursus diawal bulan untuk empat kali pertemuan selama satu bulan. Kemudian diproses bagian keuangan yang ditulis dibuku kemudian langsung diserahkan ke owner.

e.       Manajemen Branding

Dengan menggunakan nama Musician Pro dimaksudkan untuk menciptakan musisi-musisi yang berkualitas sesuai dengan bakat. Setiap pelatih (coach) dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan usia siswa. Pelatih juga harus mempu menguasai semua teknik pengolahan materi misalnya kelas vokal, pelatih harus bisa menghasilkan vibra, cengkok, dan improvisasi.




          Bismillahirrahmanirrahim, setelah melaksanakan berbagai kegiatan IbK, saya bertekad untuk membuka usaha Kursus Pendidikan di bidang Vokal. Karena basically saya lebih menguasai materi dan teknik dalam hal vokal. Namun tidak menutup kemungkinan dengan menambah kelas seperti gitar dan piano insyaAllah. Dengan niat dan dorongan dari IbK, saya yakin untuk menjalankan Kursus Vokal.

_IBK UNIMUS SUKSES DUNIA MERAIH SURGA_

Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar