Selasa, 12 November 2013

Kunjungan UKM dan Outbound

Assalamualaikum...

Para peserta IbK melakukan kunjungan ke beberapa UKM di Semarang dan Salatiga. Kunjungan bertujuan untuk mengenalkan usaha yang inovatif guna meningkatkan self-confident bagi peserta yang selanjutnya dituntut untuk berwirausaha sesuai dengan minat dan bakat. Selama perjalanan, penghuni bis disuguhi dengan suara emas yang luar biasa dan lebih cetar membahana. Yaitu saya sendiri. ^_^






 Kunjungan pertama yaitu ke Onnic, sebuah UKM bidang fashion yang beralamatkan didekat SMA N 1 Ungaran. Usaha tersebut dirintis sejak beliau masih menjadi mahasiswa. Berkat ketelatenan dan kerja keras akhirnya Onnic sukses hingga sekarang. Disana kami diperbolehkan untuk melihat secara langsung pembuatan beberapa jenis pakaian dari kaos sampai jas. Kami juga dipersilahka untuk mencoba membuat sablon. Walaupun masih tergolong industri menegah, namus Onnic sudah mempunyai lebih dari lima karyawan dan memiliki tempat produksi sendiri.

Kunjungan kedua yaitu disalah satu UKM bidang pengolahan makanan sehat yang berbahan baku kedelai. Disana kami juga diperbolehkan “menggeledah” semua sudut tempat industri. Mulai dari pembersihan kedelah, hingga pengolahan, pengemasan, dan penjualan. Namun sebelum itu, kami se-rombongan disuguhi beberapa jenis susu kedelai dan beras hitam. Setelah itu kami membeli beberapa produk sebagai oleh-oleh.




Kegiatan berlanjut dengan Outbound di Sumowono dan Umbul Mukti Bandungan, Semarang. Air terjun di Sumowono merupakan lokasi terbaru yang dijadikan tempat wisata oleh masyarakat sekitar. Tempatnya lumayan bagus dan sejuk sehingga mengobati rasa kelelahan kami selama diperjelanan. Kami juga disuguhi sayur dari daun pinus. Itu kali pertama saya makan sayur daun pinus, rasanya agak pahit dan berbau sengir. Penduduk sekitar mengatakan bahawa daun pinus mempunyai berbagai khasiat untuk peneyembuhan penyakit.

Selanjutnya kami beralih ke Umbul Mukti. Banyak permainan alam yang memacu adrenalin. Diantarana yaitu flying fox, jebakan ninja,dll. Permainan-permainan disana membuat saya semakin menikmati kegiatan Outbound. Walaupun saya sempat menyerah disalah satu permainan yang memang menbuat saya gemetar dan akhirnya menyerah. Setelah menjelang senja, kami bersiap untuk pulang. Dengan rasa lelah yang luar biasa terobati dengan suguhan kembali suara emas dari kawan-kawan IbK.

_MENYENANGKAN_

^_^

IBK UNIMUS SUKSES DUNIA MERAIH SURGA

Wassalamualaikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar